10 Tanda Hamil Muda Sebelum Telat Haid


Banyak perempuan yang pada masa awal kehamilannya tidak menyadari bahwa dirinya sudah memasuki masa kehamilan dan janin sudah mulai berkembang di dalam rahimnya. Hal ini tentu saja karena kita tidak dapat memastikan kapan terjadinya pembuahan di dalam rahim.

Umumnya perempuan akan menyadari bahwa ia sudah memasuki masa kehamilan ketika siklus haid yang datang terlambat kemudian baru akan melakukan tes kehamilan.

Namun, ternyata kita dapat mengetahui terjadinya kehamilan dengan memperhatikan tanda-tanda yang dirasakan oleh tubuh bahkan sebelum memasuki siklus menstruasi. 

Simak 10 tanda tanda hamil sebelum telat haid di bawah ini!

1. Kram

Tanda kehamilan yang dapat dirasakan pada awal masa kehamilan adalah kram atau nyeri perut. Dimana nyeri yang dirasakan mirip dengan kram ketika menstruasi, namun menstruasi tidak datang.

2. Nyeri Payudara

Perubahan kadar hormon di dalam tubuh menyebabkan terjadinya perubahan pada payudara. Paudara akan terasa bengkak, penuh dan lebih sensitif. Hal ini juga terkadang disalah artikan sebagai tanda akan datangnya haid. 

3. Sensitif Terhadap Bau

Pada masa kehamilan, ibu hamil biasanya akan lebih sensitif terhadap bau meskipun ada beberapa yang tidak mengalami hal ini tetapi banyak yang merasakan sensitifitas terhadap bau meningkat terutama pada masa awal kehamilan.

4. Mudah Lelah

Tubuh ibu hamil akan lebih mudah terasa lelah dan cepat mengantuk. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan pada kadar hormon progesterone di dalam tubuh. 

5. Suhu Tubuh yang Meningkat

Ketika terjadi pembuahan di dalam tubuh, biasanya hal ini akan menyebabkan meningkatnya suhu tubuh. Terkadang peningkatan suhu tubuh ini juga diikuti oleh badan yang tidak enak seperti akan flu. Namun, peningkatan suhu tubuh ini biasanya akan terjadi hingga lebih dari dua minggu.

6. Perut Kembung

Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh dapat menyebabkan terjadinya kembung dimana terjadi peningkatan gas di dalam tubuh. Kembung ini juga akan menyebabkan ibu hamil lebih mudah kentut dan bersendawa.

7. Mood yang Sering Berubah

Perubahan suasana hati yang lebih sering ini disebabkan karena perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Dimana kadar hormon ini akan memengaruhi syaraf pada otak yang menjadikan adanya peningkatan emosi. Maka dari itu banyak ibu hamil pada masa awal kehamilannya menjadi lebih sensitif sehingga mudah menangis, marah ataupun perubahan suasana hati lainnya tanpa suatu alasan tertentu.

8. Mual

Mual merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling banyak dialami oleh ibu hamil terutama pada masa awal kehamilan. Mual yang dirasakan oleh ibu hamil sering terjadi pada pagi hari dan biasa disebut dengan morning sickness. Meskipun, mual dapat terjadi kapan saja.

Mual ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar esterogen dan progesterone di dalam tubuh. Dan biasanya dapat terjadi mulai dari minggu minggu awal kehamilan.

9. Sembelit

Hormon progesterone di dalam tubuh akan meningkat menyebabkan pergerakan usus menjadi mengeras kan menyebabkan pergerakan makanan pada sistem percernaan lebih lama.

10. Lebih Sering Buang Air Kecil

Pada masa awal kehamilan akan terjadi perubahan hormon yang menyebabkan pertumbuhan rahim. Pertumbuhan pada rahim ini akan menyebabkan kalenjar kandung kemih akan terdorong kan menyebabkan buang air kecil menjadi lebih sering.

Jika mengalami tanda-tanda seperti di atas dapat dicoba melakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah memang sudah memasuki masa kehamilan.