Apa Saja Jenis Dongkrak Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Dongkrak adalah alat penting yang wajib ada pada setiap mobil. Sebab, dongkrak dibutuhkan untuk membantu pekerjaan perbaikan mobil, misalnya saat mengganti ban atau mengecek bagian bawah mobil. Tak ayal, memiliki dongkrak dalam kendaraan sama pentingnya dengan mempunyai asuransi mobil terbaik untuk proteksi optimal bagi kendaraan Anda.  Lantas, sudah tahukah Anda jika dongkrak terbagi ke dalam beberapa jenis? Jika belum, yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut!

1. Dongkrak gunting 

Jenis dongkrak ini bisa dibilang sebagai dongkrak standar. Sehingga, Anda pasti akan mendapatkannya saat Anda membeli mobil baru. Fungsi utamanya adalah memutar poros ulir searah jarum jam, berbarengan dengan tongkat engkol yang berfungsi mengencangkan. Putaran tersebut kemudian menghasilkan daya angkat. Anda hanya perlu memutar dongkrak berlawanan arah jarum jam untuk mengendorkannya. Kelebihan dari jenis dongkrak gunting ini adalah penggunaannya yang praktis, harga terjangkau, dan perawatan yang mudah.

2. Dongkrak buaya 

Dongkrak ini punya “mulut” atau bagian depan yang terbuka seperti mulut buaya ketika digunakan. Inilah alasan di balik penamaan jenis dongrak ini. Jenis ini punya empat roda, dan bisa digunakan di berbagai medan, termasuk pada permukaan yang tak rata atau miring sekalipun. Adanya roda ini juga akan memudahkan Anda ketika hendak memindahkan dongkrak. Dongkrak buaya  paling cocok digunakan untuk mobil seperti sedan yang kapasitasnya kecil. Sedangkan kapasitas kekuatannya cukup beragam, mulai dari 1,5 ton, 3 ton, hingga hingga 20 ton.

3. Dongkrak botol 

Sama seperti dongkrak buaya, dongkrak botol dinamakan demikian pun  karena bentuknya yang mirip seperti botol. Dongkrak ini terdiri atas bagian tabung bawah dan tabung atas (yang lebih kecil dan menyerupai leher botol). Dongkrak botol dilengkapi dengan tuas yang digunakan untuk memompa dongkrak agar bisa mengangkat mobil. Sementara untuk menurunkan mobil, Anda hanya perlu mengendorkan katupnya. Dongkrak botol pun memiliki kapasitas kekuatan yang bervariasi, mulai dari 2 ton, 15 ton, sampai dengan 100 ton.

4. Dongkrak botol buaya 

Dongkrak botol buaya adalah kombinasi antara dua jenis dongkrak: botol dan buaya. Fungsi utama jenis dongkrak ini adalah untuk mengangkat kendaraan ketika akan diperbaiki atau diservis. Penggabungan dua jenis dongkrak yang berbeda ini bertujuan untuk menggabungkan keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing jenis dongkrak tersebut, yaitu kemudahan untuk memindahkan dongkrak dari dongkrak buaya, dan kapasitas kekuatan dongkrak botol yang besar dan kuat.

Nah, itulah jenis-jenis dongkrak pada mobil yang perlu Anda kenal. Dengan begitu, Anda jadi tahu jenis dongkrak seperti apa yang kira-kira cocok dan mudah Anda gunakan, kan? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!