Media Jaringan

     Media jaringan adalah perangkat yang diperlukan untuk membangun sebuah jaringan komputer baik hardware maupun software, yaitu minimal dua buah komputer, Network Interface Card ( NIC ), serta perangkat lain menyerupai HUB,Router dan media transmisi. Media transmisi yang dipakai jaringan komputer sebagai sarana penghubung, ada 2 macam :

  1. Menggunakan kabel
     Jaringan kabel ini biasanya dipakai dalam area lokal, contohnya dalam suatu gedung atau antar gedung dalam suatu forum pendidikan. Kabel yang sering dipakai sebagai media transmisi antara lain sebagai berikut :
- Tuisted Pair
     Tuisted Pair ialah sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar menyerupai radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung ( UTP cables ), dan wicara silang ( crosstalk ) di antara pasangan kabel yang berdekatan
- Coaxial
     Sebuah kabel jaringan media transmisi data terarah. Kabel Coaxial mempunyai nama lain BNC kepanjangan dari Bayonet Neur Connector. kabel Coaxial biasa diartikan sebagai kabel sepaksi atau sesumbu. Awalnya kabel Coaxial dipakai untuk kabel antena TV namun alasannya ialah kemajuan teknologi kabel Coaxial dipakai sebagai media transmisi data jaringan LAN
- Serat Optic
     Dalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari beling atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan sanggup dipakai untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu daerah ke daerah lain.

  2. Media Transmisi tanpa kabel ( Wireless Network )
     Jaringan tanpa kabel ini memperlihatkan keunggulan kepada pemakai untuk sanggup mengakses setiap dikala dimanapun berada. Sedangkan kekurangan media transmisi ini ialah kemampuan transfer data lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair )

5 Kategori Kabel UTP 

  1. Category ( cat ) 1, dipakai untuk telekomunikasi telepon
  2. Categoty ( cat ) 2, dipakai untuk transmisi data hingga kecepatan 3 Mbps
  3. Category ( cat ) 3, dipakai untuk transmisi data hingga kecepatan 10 Mbps
  4. Category ( cat ) 3, dipakai untuk transmisi data hingga kecepatan 16 Mbps
  5. Category ( cat ) 3, dipakai untuk transmisi data hingga kecepatan 100 Mbps
Identifikasi UTP
  1. T568-A     Trought
  2. T568-B     Cross-Over
Piranti yang berbeda     ( Trought )
Piranti yang sejenis       ( Cross-Over )

Kelebihan :
- Murah
- Praktis di instalasi
- Ukuran kecil
Kekurangan : 
- Rentan terhadap interferensi gelombang elektromaknetik
- Jarak jangkauan nya hanya 100 meter