PLN Prabayar Kini Makin Diminati Masyarakat Karena Kepraktisannya

PLN Prabayar Kini Makin Diminati Masyarakat Karena Kepraktisannya
Salah satu kebutuhan utama masyarakat saat ini adalah listrik. Listrik telah menjadi bahan primer yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Setiap tempat memerlukan daya listrik untuk menerangi pada saat malam hari. Listrik – listrik tersebut memiliki beberapa perbedaan daya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing tempat. Perkembangan pln pun makin lama makin maju dan disesuaikan dengan kemajuan zaman. Makin tinggi teknologi akan makin inovatif pula alat – alat yang beredar. Pada masa sekarang ini penggunaan aliran listrik telah menggunakan pln prabayar. Skema pembayaran ini adalah sebuah inovasi baru yang mana pembayaran pulsa listrik berbasis pada pembelian token. Pembelian token ini serupa dengan pembelian pulsa yang akan mendapatkan kode dan kode tersebut harus di masukkan pada meteran listrik.

Keuntungan dan Kelemahan PLN Prabayar 


Pln prabayar ini satu tingkat lebih maju jika dibanding dengan pln pasca bayar. Sering kali orang – orang salah mengartikan pln prabayar ini sebagai salah satu bentuk pemborosan. Akan tetapi penggunaan listrik prabayar ini justru memiliki beberapa keunggulan jika dibanding dengan listrik pasca bayar. Terdapat beberapa keuntungan menggunakan pln prabayar yaitu :

1. Biaya pemasangan lebih murah
Untuk memasang instalasi listrik baru di rumah – rumah atau gedung biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Biaya tersebut biasanya digunakan untuk menarik kabel listrik dan memasang perangkat – perangkat listrik pasca bayar. Akan tetapi saat ini pemasangan menggunakan pln prabayar jauh lebih murah. Biaya pemasangan yang lebih murah membuat banyak orang tertarik untuk memasang instalasi listrik yang baru.

2. Tidak ada biaya bulanan dan denda
Pada listrik pasca bayar biaya bulanan yang dikeluarkan selalu tetap dan terkadang makin meninggi. Pada listrik prabayar tidak perlu lagi mengeluarkan biaya bulanan yang tidak tentu jumlahnya karena pembelian listrik dapat disesuaikan dengan kemampuan dari pengguna. Selain itu tidak terdapat denda walau listrik yang digunakan telah habis. Listrik prabayar menggunakan token yang bisa dibeli sesuai dengan kemampuan pengguna. Saat listrik mati karena token sudah habis tidak akan ada denda yang harus di bayar oleh pengguna. Berbeda jika menggunakan listrik pasca bayar. Pembayaran listrik yang melebihi tanggal 20 akan mendapat denda dan jika 3 bulan tidak melakukan pembayaran maka listrik akan diputus.

Selain beberapa keuntungan tersebut terdapat pula beberapa kerugian jika menggunakan pln prabayar. Untung dan rugi dari suatu barang atau jasa adalah hal yang sangat lumrah di dunia industri. Kelebihan – kelebihan tersebut tentu juga memiliki kekurangan yang tidak akan menghilangkan fungsi dan manfaat dari jasa itu sendiri.

Berikut beberapa kelemahan jika menggunakan pln prabayar:

1. Listrik bisa mati kapan saja 
Pln prabayar memiliki basis yang sama dengan pulsa. Pembayaran di lakukan lebih dulu untuk mendapatkan jasa. Hal tersebut yang menjadi salah satu masalah dikala waktu – waktu tertentu token yang terdapat pada listrik prabayar tiba – tiba habis. Hal tersebut tentu akan sangat merepotkan jika listrik mati saat tengah malam. Untuk menghindari hal tersebut selalu persiapkan voucher cadangan atau isi voucher secara teratur tanpa harus menunggu voucher habis.

2. Sering kali terjadi down
Voucher pln prabayar berdasar pada token listrik yang didapat secara online. Sering kali pembelian voucher tersebut mengalami kendala karena server yang tiba – tiba down. Jika server down pengguna listrik prabayar harus bersiap – siap tanpa listrik hingga sistem kembali normal.

Itu tadi kelebihan dan kelemahan dalam menggunakan pln dengan token prabayar. Untuk mengakses informasi terkait dunia property lainnya, kamu dapat mengakses situs berikut ini https://artikel.rumah123.com/