Tips Sederhana Menghemat Daya Listrik Yang Membengkak

Tidak dipungkiri bahwa listrik sangat membantu dan mempermudah kehidupan kita sehari hari. Banyak hal yang bisa manfaatkan dari listrik yang terpasang dirumah kita baik dalam hal pekerjaan, hiburan dan aktifitas kita sehari hari. Namun ketika kita tidak bijak memakai daya listrik maka hal tersebut sanggup menyulitkan kita terutama dalam hal finansial, tagihan listrik akan membengkak dan pada balasannya kita harus mengeluarkan tidak sedikit biaya untuk hal membayar tagihan listrik.

Seperti kita ketahui bahwa tarif dasar listrik dari waktu ke waktu terus meningkat sehingga mau tidak mau kita harus lebih berhemat dan bijak memakai daya listrik ini alasannya ialah tanpa kita sadari kebutuhan akan listrik ini sangatlah vital. Banyak hal hal sederhana yang sebetulnya bisa mengurangi daya listrik yang membengkak bahkan bisa menghemat daya hingga 20% dengan cara yang sebetulnya sangatlah sederhana. Nah berikut ialah beberapa tips dan cara sederhana menghemat daya listrik dirumah kita:

Tidak dipungkiri bahwa listrik sangat membantu dan mempermudah kehidupan kita sehari hari Tips Sederhana Menghemat Daya Listrik Yang Membengkak

  • Gunakan listrik seperlunya saja atau sesuai kebutuhan sebagai contoh: lebih baik mematikan lampu disiang hari dan gunakan pencahayaan dari sinar matahari dari jendela, selain lebih menyehatkan dengan sirkulasi udara segar hal ini bisa menghemat daya listrik dengan efektif.
  • Hidupkan Tv dikala kita benar benar menontonnya, jangan hingga kita tv ditinggalkan hidup tanpa ada yang menontonnya atau bahkan tv yang menonton kita tidur hehehe,,, gunakan timer ketika kita ngantuk tetapi masih ingin menonton tv.
  • Gunakan tandon air sehingga kita tidak perlu sering menyalakan pompa air ketika kita membutuhkannya.
  • Hindari kebiasaan menyimpan makanan panas dalam kulkas alasannya ialah pendingin dalam kulkas akan bekerja lebih ekstra untuk mendinginkannya, itu berarti kebutuhan daya listrik akan semakin besar.
  • Jika anda memakai AC dirumah, sesuaikan luas ruangan dirumah anda biar mesin AC tidak bekerja ekstra dan menguras daya untuk mendinginkan seluruh ruangan.
  • Gunakan mesin basuh sesekali dalam artian anda tidak perlu sering menggunakannya hanya ketika anda mencuci 1-2 helai pakaian.
  • Ketika anda memakai rice cooker untuk menanak nasi andapun sanggup berhemat listrik dengan memakai air yang dipanaskan terlebih dahulu sebelum memakai rice cooker untuk memasak nasi.
  • Hindari meninggalkan segala peralatan listrik hanya dengan mematikan tombol on off nya saja, matikan dan cabut kabel hal ini sanggup secara efektif menghemat daya listrik. Termasuk segala peralatan listrik menyerupai tv, komputer, charger dll.
  • Gunakan setrika, hair dryer, kipas atau peralatan lain yang mempunyai pengaturan suhu.
  • Ganti segala peralatan listrik dirumah anda dengan standar nasional, secara signifikan sanggup menghemat daya listrik. Cek dan selalu periksa kebocoran listrik, kabel kabel dan peralatan listrik yang tidak layak alasannya ialah bisa menciptakan listrik bocor tentu memakai jasa tukang listrik profesional.
  • Ganti peralatan listrik dirumah anda dengan peralatan listrik yang hemat daya dan ramah energi sebagai referensi ganti lampu bohlam pijar dengan lampu hemat energi atau ganti monitor tabung tv atau komputer anda dengan layar led atau lcd alasannya ialah bisa menghemat daya secara efektif.
  • hindari pemasangan steker atau kontak yang bertumpuk selain bisa mengurangi kebocoran listrik, steker listrik yang bertumpuk sanggup menjadikan panas ketika semua peralatan listrik dipakai dan pada balasannya sanggup menjadikan kebakaran.
  • Terakhir ketika anda tidak sanggup mengontrol kebiasaan memakai daya listrik dengan bijak maka gunakan listrik pra bayar atau dengan pulsa.